Kenaikan Tarif Masuk TN Bromo Tengger Semeru

Beberapa waktu ini, wisatawan dibuat kaget dengan informasi kenaikan tiket masuk Taman Nasional (TN) Bromo Tengger Semeru. Kabarnya, tiket masuknya akan naik hingga Rp 60.000-an. Kementerian Kehutanan pun angkat bicara!

Banyak informasi menyebutkan, tiket masuk TN Bromo Tengger Semeru naik untuk wisatawan lokal per 1 Mei 2014 dari Rp 10 ribu menjadi Rp 37.500 untuk hari biasa. Saat libur, dari Rp 10 ribu naik jadi Rp 67.500. Menanggapi hal ini, Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi dan Hutan Lindung Kemenhut, Bambang Sipriyanto membenarkan informasi itu.

"Tarif masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru masih Rp 10 ribu dan belum ada yang naik. Heran saya, banyak yang bilang sudah naik dengan harga-harga itu," katanya setelah jumpa pers pada acara Forum Komunikasi Sinergi Para Pihak: Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Kepariwisataan di Hotel Pullman, Jl MH Thamrin, Jakarta, Senin (17/3/2014).

Bambang menambahkan, tiket masuk taman nasional di Indonesia memang akan naik berdasarkan Rayon yang telah ditetapkan oleh Kemenhut pada Mei 2014 mendatang. Nantinya, dibagi dari Rayon 1 sampai Rayon 4. Tapi hingga saat ini, itu semua masih dalam proses!

"Jadi belum naik dan masih menunggu penetapan Rayon yang pada tanggal 25 nanti akan disosialisasikan," ujar Bambang.

Untuk penetapan Rayon, ada tiga pertimbangan. Pertama, soal willingness to pay, yang mana kemauan wisatawan untuk membayar. Kedua, tentang daya beli masyarakat dan ketiga mengenai studi inflasi rupiah.

"Sampai saat ini masih ditetapkan dan tiket masuk tiap Rayon nanti berbeda-beda," tandas Bambang.

Posting Komentar